Perangkat lunak penagihan dan pembuatan faktur adalah bagian dari perangkat lunak akuntansi yang lebih sederhana dan lebih ramping. Jika Anda seorang pekerja lepas yang bekerja dengan beberapa klien dalam beberapa proyek dalam setahun, perangkat lunak penagihan dan pembuatan faktur dasar — daripada perangkat lunak akuntansi yang lebih komprehensif — mungkin memiliki cukup alat untuk membantu Anda mengelola keuangan sambil memastikan Anda dibayar tepat waktu.
Pada saat yang sama, meskipun aplikasi penagihan dan pembuatan faktur seperti Square Invoice dan Zoho Invoice berfokus terutama pada membantu pemilik bisnis menagih klien mereka dan menerima pembayaran, aplikasi tersebut sering kali menyertakan fitur pembukuan dasar seperti pelacakan pengeluaran, pelacakan waktu berbasis proyek, dan laporan pengeluaran dasar.
Solusi perencanaan sumber daya perusahaan, atau ERP, adalah sistem perangkat lunak tingkat perusahaan yang memfasilitasi koneksi antara departemen dan personel di perusahaan besar. ERP seperti Oracle NetSuite menawarkan perangkat yang sama seperti program akuntansi dasar lainnya, mulai dari buku besar hingga penagihan dan pembuatan faktur. Namun, ERP mendukung akuntansi dalam skala besar sekaligus menawarkan fitur untuk mengelola penjualan, inventaris, layanan, rantai pasokan, dan personel.
Saat ini, sebagian besar perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, artinya datanya dihosting di server luar kantor yang dapat Anda akses di mana saja selama Anda memiliki akses internet, tidak hanya di kantor Anda. Sebaliknya, perangkat lunak berbasis desktop dilokalkan ke rumah atau kantor Anda, meskipun perangkat lunak desktop modern biasanya dilengkapi dengan perluasan berbasis cloud opsional.
Masih ada beberapa pilihan perangkat lunak akuntansi desktop di pasaran, seperti Intuit QuickBooks Desktop. Akan tetapi, sebagian besar perangkat lunak desktop sedang dalam proses penghapusan bertahap. Bahkan Intuit mendorong calon pengguna QuickBooks Desktop untuk beralih ke program perangkat lunak akuntansi berbasis cloud, QuickBooks Online.
Perangkat lunak akuntansi berbasis desktop mungkin sepadan dengan waktu Anda jika Anda tinggal di daerah terpencil dengan akses internet yang tidak dapat diandalkan. Perangkat lunak ini juga dapat menjadi pilihan yang baik jika Anda membutuhkan fitur yang tidak dapat Anda peroleh di tempat lain. (Misalnya, paket QuickBooks Desktop yang paling mahal menyertakan laporan mendalam terdepan di industri yang belum tentu merupakan norma untuk opsi berbasis cloud.)
Perangkat lunak akuntansi memudahkan pembukuan dan akuntansi di kantor, tidak peduli seberapa besar atau kecil bisnis Anda. Namun, beberapa pemilik bisnis mungkin lebih suka mengalihdayakan tugas pembukuan dan akuntansi mereka ke pihak ketiga seperti layanan pembukuan virtual atau akuntan publik perorangan.
Umumnya, akuntan menggunakan perangkat lunak yang ramah akuntan seperti QuickBooks atau Sage Intacct untuk menyimpan pembukuan mereka, meskipun beberapa perusahaan pembukuan pihak ketiga mengandalkan perangkat lunak internal yang eksklusif. Baik Anda bekerja dengan tim internal atau mengalihdayakan tugas akuntansi Anda, rencanakan untuk berinteraksi dengan perangkat lunak akuntansi dalam kapasitas tertentu.
Bahkan perangkat lunak akuntansi yang paling dasar pun harus menyertakan alat pembuatan faktur yang memungkinkan Anda menagih pelanggan dan klien untuk barang dan jasa Anda. Perangkat lunak tersebut juga harus memberi Anda kemampuan untuk menerima pembayaran pelanggan secara langsung melalui faktur. Idealnya, perangkat lunak tersebut akan mendukung beberapa opsi pembayaran, termasuk kartu debit dan transaksi ACH.
Perangkat lunak akuntansi harus mengotomatiskan entri data berulang dengan melakukan sinkronisasi dengan rekening bank Anda dan melacak pengeluaran secara real time. Beberapa layanan perangkat lunak akuntansi membatasi Anda untuk menghubungkan satu rekening bank dan satu kartu kredit saja. Layanan lainnya, seperti Wave Accounting, menyediakan koneksi rekening bank dan kartu tanpa batas.
Secara bersamaan, ketiga laporan akuntansi ini memberikan Anda dan semua pemangku kepentingan dalam bisnis Anda (seperti bank dan pemberi pinjaman) informasi penting tentang situasi keuangan bisnis Anda. Pemilik bisnis, eksekutif, dan pemegang saham menggunakan informasi yang terdapat dalam dokumen ini untuk memaksimalkan laba, meminimalkan biaya, dan merencanakan masa depan yang lebih menguntungkan.
Perangkat lunak akuntansi tidak hanya melacak keuangan Anda dan mengkategorikan pengeluaran Anda untuk waktu pajak. Beberapa rencana dan program perangkat lunak, seperti rencana tingkat tertinggi Xero, juga akan membantu Anda mempersiapkan pertumbuhan di masa mendatang dengan fitur perkiraan dan penganggaran yang membantu Anda menentukan cara terbaik untuk memenuhi tujuan keuangan masa depan Anda.
Selain terhubung ke rekening bank untuk mengimpor dan mengkategorikan transaksi bank Anda secara real time, perangkat lunak akuntansi juga memungkinkan Anda mendokumentasikan pengeluaran lain, termasuk pengeluaran karyawan untuk penggantian biaya. Sebagian besar, perangkat lunak akuntansi mendukung pemindaian dan pengunggahan tanda terima secara real time sehingga Anda selalu memiliki catatan keuangan yang akurat di ujung jari Anda.
Meskipun sebagian besar perangkat lunak akuntansi seharusnya menawarkan penerimaan pembayaran online dengan setiap paket, beberapa juga memberi Anda kemampuan untuk membayar tagihan Anda sendiri langsung dari akun Anda. Untuk sebagian besar, manajemen tagihan dianggap sebagai fitur yang lebih canggih yang hanya tersedia pada paket tingkat menengah dan layanan akuntansi yang lebih mahal.
Idealnya, perangkat lunak akuntansi harus menawarkan integrasi bawaan dengan perangkat lunak bisnis penting lainnya. Integrasi yang paling umum adalah dengan perangkat lunak penggajian, aplikasi pelacakan waktu, dan solusi e-commerce, tetapi perangkat lunak akuntansi juga dapat terintegrasi dengan CRM, penagihan, penganggaran, SDM, dan aplikasi perangkat lunak pihak ketiga lainnya.
Beberapa penyedia, termasuk Wave Accounting, menawarkan integrasi bawaan yang terbatas, meskipun Anda dapat mengintegrasikan aplikasi apa pun yang Anda inginkan dengan solusi pihak ketiga seperti Zapier. Solusi akuntansi lainnya, seperti Xero, menawarkan lebih dari 1.000 integrasi pihak ketiga yang dapat disinkronkan dengan mudah ke perangkat lunak akuntansinya.
Sebagian besar perangkat lunak akuntansi modern kini menyertakan aplikasi seluler untuk memudahkan pelacakan keuangan saat bepergian. Bergantung pada aplikasinya, Anda seharusnya dapat melihat ikhtisar singkat tentang kesehatan keuangan Anda, melacak pengeluaran, mengirim faktur, menerima pembayaran, dan melihat laporan keuangan dasar dari ponsel atau tablet Anda.
Secara umum, perangkat lunak akuntansi yang paling terjangkau untuk pekerja lepas, wirausahawan tunggal, dan pemilik usaha kecil lainnya dimulai dari $0 hingga $25 per bulan untuk paket dasar. Paket tingkat menengah biasanya berharga antara $50 dan $80 per bulan, dan paket yang paling mahal umumnya berkisar antara $150 dan $250 per bulan.
Tentu saja, semakin banyak fitur yang ditawarkan perangkat lunak akuntansi Anda dan semakin banyak pengguna yang didukungnya, semakin mahal tagihan bulanan Anda. Sebagian besar (meskipun tidak semua) penyedia perangkat lunak akuntansi menawarkan beberapa paket sehingga perusahaan yang sedang berkembang akan beralih ke paket perangkat lunak yang lebih besar seiring pertumbuhannya.
Software Akuntansi IndonesiaPemilik tunggal dan PT baru mungkin tidak memiliki anggaran untuk akuntan publik paruh waktu atau akuntan internal penuh waktu. Perangkat lunak akuntansi dapat membantu pemilik bisnis baru membangun fondasi keuangan mereka tanpa mengharuskan mereka mengeluarkan biaya melebihi anggaran.
Perangkat lunak akuntansi berbasis cloud memudahkan pembagian data yang mudah dan aman antara pemangku kepentingan keuangan bisnis Anda. Sebagian besar perangkat lunak akuntansi menyediakan akses gratis untuk akuntan Anda dan memungkinkan beberapa pengguna dengan izin yang dapat disesuaikan, yang berarti departemen dapat mengakses halaman keuangan yang sama dengan relatif mudah.
Ditambah lagi, dengan perangkat lunak otomatis, Anda tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam seminggu untuk memasukkan biaya ke dalam sel spreadsheet atau bersusah payah memperbarui bagan akun. Sebaliknya, perangkat lunak Anda akan melakukan pekerjaan berat sehingga Anda dapat tetap mengelola operasi bisnis harian dan memperluas margin keuntungan Anda.
Perangkat lunak akuntansi terbaik bertujuan untuk menyederhanakan proses akuntansi yang rumit bagi mereka yang bukan akuntan, tetapi itu tidak berarti prinsip-prinsip dasar akuntansi mudah dipahami begitu saja. Ditambah lagi, perangkat lunak itu sendiri mungkin perlu waktu untuk membiasakan diri, yang berarti Anda harus meluangkan waktu untuk mengaturnya dan membiasakan diri dengan antarmukanya.
Menemukan perangkat lunak akuntansi yang tepat untuk bisnis Anda dapat menjadi proses mendalam yang mengharuskan Anda menginvestasikan banyak waktu dan energi di awal. Namun, upaya untuk menemukan perangkat lunak akuntansi terbaik untuk situasi unik Anda akan sepadan dengan usaha yang dikeluarkan. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai.
Misalnya, apakah Anda seorang pekerja lepas berbasis layanan yang membutuhkan penagihan seluler dan kategorisasi pengeluaran yang solid untuk pelaporan pajak akhir tahun yang lebih mudah? Apakah perusahaan milik Anda yang beranggotakan banyak orang membutuhkan perangkat lunak kolaboratif yang memfasilitasi komunikasi antar pemangku kepentingan? Apakah Anda seorang pemilik bisnis pemula yang mencari solusi sederhana dengan kurva pembelajaran yang relatif rendah dan beberapa opsi paket sehingga Anda dapat meningkatkan skala ke perangkat lunak dengan lebih banyak fitur seiring pertumbuhan Anda?
Setelah Anda mengetahui secara umum apa yang Anda inginkan dari sistem akuntansi Anda, akan lebih mudah untuk mempersempit fitur perangkat lunak mana yang Anda perlukan untuk memenuhi sasaran bisnis Anda. Ajukan pertanyaan-pertanyaan seperti ini kepada diri Anda untuk mengetahui fitur akuntansi apa yang Anda perlukan untuk disertakan dalam perangkat lunak Anda:
Daripada memeriksa sendiri ratusan opsi potensial, lihatlah ulasan perangkat lunak akuntansi populer untuk bisnis seperti milik Anda. Panduan kami tentang perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis kecil dapat membantu Anda memulai.
Sebagian besar perusahaan perangkat lunak akuntansi menawarkan uji coba gratis. (Standar industri biasanya 30 hari atau satu bulan gratis.) Pastikan untuk membaca ketentuan yang tertera saat Anda mendaftar: Beberapa perangkat lunak mengharuskan Anda memasukkan kartu kredit yang akan ditagih secara otomatis jika Anda tidak membatalkannya pada tanggal tertentu.
Solusi akuntansi tingkat perusahaan cenderung tidak menawarkan uji coba gratis. Sebaliknya, pihak yang berminat harus menjadwalkan demo gratis dengan perwakilan penjualan. Selama demo, Anda akan dapat mengajukan pertanyaan spesifik tentang bagaimana perangkat lunak tersebut dapat bermanfaat bagi perusahaan Anda.
Namun, penting untuk diingat bahwa kebutuhan perangkat lunak keuangan bisnis Anda akan berubah seiring waktu. Jika perangkat lunak akuntansi Anda saat ini sudah tidak sesuai lagi dengan kebutuhan Anda, Anda selalu dapat beralih ke penyedia lain yang fiturnya lebih sesuai dengan jalur pertumbuhan Anda.
Intuit QuickBooks Online adalah salah satu layanan perangkat lunak akuntansi berbasis cloud terpopuler yang digunakan oleh bisnis skala kecil, menengah, dan besar di seluruh dunia. Solusi akuntansi berbasis cloud populer lainnya termasuk Sage Intacct, Xero, FreshBooks, NetSuite, dan Zoho Books.
Zoho Books adalah salah satu solusi akuntansi yang paling lengkap dan dapat diskalakan untuk bisnis kecil. Buku besar dan bagan akunnya ideal untuk pemilik bisnis kecil yang baru mengenal pembukuan, dan menawarkan cukup banyak paket untuk mendukung bisnis yang berkembang dari perusahaan rintisan hingga perusahaan multi-entitas.
Namun, perangkat lunak akuntansi terbaik untuk bisnis Anda bergantung pada kebutuhan dan anggaran Anda. Meskipun Zoho Books mungkin cocok untuk perusahaan lain, program akuntansi ideal Anda mungkin berupa solusi mendalam seperti Sage Intacct atau perangkat gratis seperti Wave.
Kylie McQuarrie telah menulis tentang bisnis kecil, penggajian, dan keuangan selama sepuluh tahun. Sambil menyelesaikan gelar masternya dalam bahasa Inggris, ia juga mengajarkan tulisannya kepada bisnis kecil yang kesulitan menjangkau pelanggan di Kanada, AS, dan Australia. Sejak saat itu, ia menekuni karier menulis profesional dengan fokus pada penggajian dan akuntansi bisnis.
Mengelola keuangan bisnis adalah pekerjaan yang menantang dan menyita waktu, terutama bagi pemilik usaha kecil yang harus mengerjakan semuanya sendiri. Selain itu, tidak ada dua bisnis yang memiliki kebutuhan akuntansi yang sama. PCMag telah menguji dan menilai perangkat lunak akuntansi selama lebih dari 20 tahun. Di sini, kami mengevaluasi aplikasi akuntansi terbaik untuk bisnis kecil berdasarkan kemudahan penggunaan, kemampuan, dan biayanya. Dua produk menonjol sebagai pemenang Pilihan Editor: FreshBooks untuk bisnis berbasis layanan atau mereka yang memiliki kebutuhan pelacakan produk sederhana, dan Intuit QuickBooks Online untuk UKM dengan persyaratan akuntansi yang lebih rumit. Pastikan untuk membaca ulasan mendalam kami tentang semua aplikasi akuntansi bisnis kecil di bawah ini dan gulir melewati daftar untuk ikhtisar tentang semua yang harus Anda ketahui tentang memilih perangkat lunak terbaik untuk Anda.
0 تعليقات